Connect with us

News

Memfasilitasi Arus Logistik, JTCC kini Terintegrasi dengan 5 Ruas Tol JORR 2

Published

on

a group of cars driving on a highway

Jalan Tol Cibitung-Cilincing Tersambung dengan JORR 2, Memudahkan Pergerakan Logistik dan Masyarakat

Pada tanggal 9 Juli 2024, Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) telah tersambung penuh dengan lima ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Presiden RI, Maruf Amin. Hal ini menandai momen penting karena JTCC telah tersambung sepenuhnya dengan JORR-2 dari Cengkareng (bandara Soekarno Hatta) di ujung barat dan Cilincing (Pelabuhan Tanjung Priok).

Memudahkan Pergerakan Orang dan Barang

Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M. Hikmat, mengatakan bahwa tersambungnya JORR-2 secara keseluruhan akan memudahkan pergerakan orang dan barang, terutama untuk kendaraan berat pengangkut logistik dari kawasan barat. Sebelumnya, kendaraan logistik tersebut harus melewati rute padat, namun sekarang dapat melalui JTCC langsung menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini akan memperlancar arus logistik dan mobilitas masyarakat.

Fasilitasi Kelancaran Pergerakan Orang dan Barang

Direktur Utama PT CTP Tollways, Ari Sunaryono, menambahkan bahwa JTCC siap menampung arus kendaraan dari selatan dan memfasilitasi kelancaran pergerakan orang dan barang, termasuk kendaraan logistik dari dan menuju pelabuhan. Salah satu rute terdekat adalah dari Kawasan Industri MM2100 Cibitung melalui Simpang Susun Setu Utara Cimaci.

Panjang JORR 2 dan Ruas Jalan Tol

Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total panjang Jalan Tol JORR 2 mencapai 111 kilometer dan terdiri dari enam ruas jalan tol, yaitu:

  • Tol Cengkareng-Kunciran
  • Kunciran-Serpong
  • Serpong-Cinere
  • Cinere-Jagorawi
  • Cimanggis-Cibitung
  • Cibitung-Cilincing

Penyempurnaan Struktur Jaringan Jalan Tol di Jabodetabek

Penyelesaian ini menandai penyempurnaan struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek. Sebelumnya, kawasan ini telah memiliki Tol Lingkar Dalam Kota dan Tol JORR 1. Dengan tersambungnya JORR-2, sistem transportasi di kawasan ini menjadi lebih terintegrasi dan efisien.

Komitmen Pemerintah dalam Menciptakan Konektivitas Nasional

Pemerintah berkomitmen kuat dalam menciptakan konektivitas nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan perluasan pemerataan pembangunan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembangunan jalan tol. Wapres Ma’ruf Amin menekankan pentingnya prinsip keberlanjutan dalam pembangunan jalan tol.

Dampak Positif Jalan Tol JORR 2

Beroperasinya Jalan Tol JORR 2 secara penuh diharapkan dapat mengurangi kemacetan, mempercepat waktu tempuh, dan memberikan alternatif rute yang lebih banyak bagi pengguna jalan. Hal ini akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap aktivitas logistik dan distribusi barang di kawasan ini, serta mendukung pertumbuhan ekonomi regional maupun nasional.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Pembunuh Boneka Wajah

    July 29, 2024 at 7:46 pm

    JTCC kini terintegrasi dengan 5 ruas tol JORR 2, memfasilitasi arus logistik dan masyarakat. Bagaimana dampaknya terhadap kemacetan dan pertumbuhan ekonomi?

  2. Chopper Tuntutan

    August 1, 2024 at 6:25 pm

    JTCC kini terintegrasi dengan 5 ruas tol JORR 2, memudahkan pergerakan logistik dan masyarakat. Apa dampak positif dari tersambungnya JORR-2 dengan JTCC?

  3. snazz beku

    August 2, 2024 at 1:19 pm

    Kabar baik untuk pengguna jalan! JTCC kini terhubung dengan 5 ruas tol JORR 2, mempermudah pergerakan logistik dan masyarakat. Bagaimana dampaknya terhadap kemacetan di kawasan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *