Connect with us

News

Layanan Angkutan Laut Melalui Tanjung Perak Mengalami Peningkatan 12% pada Jumlah Penumpang

Published

on

Layanan Angkutan Laut Melalui Tanjung Perak Mengalami Peningkatan 12% pada Jumlah Penumpang

Arus Mudik dan Balik Lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Meningkat 12%

Penumpang Meningkat Menjadi 254.247 Orang

Pada periode H-15 hingga H+15 Hari Raya Idul Fitri 1444 H (26/3/24-25/4/24), arus mudik dan balik Lebaran melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengalami peningkatan penumpang sebesar 12% dibanding tahun 2023. Jumlah penumpang mencapai 254.247 orang, meningkat dari 227.897 orang pada tahun sebelumnya.

Puncak Arus Balik Terjadi pada H+12

Puncak arus balik Lebaran tahun 2024 terjadi pada H+12 (22 April 2024) dengan total penumpang sebanyak 10.228 orang. Dari jumlah tersebut, 4.426 orang naik dan 5.802 orang turun.

Peningkatan Pada Arus Balik Lebaran Tahun Ini

Pada periode yang sama tahun 2023, puncak arus balik Lebaran terjadi pada H+7 (29 April 2023) dengan total penumpang sebanyak 7.876 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 30% dibanding tahun sebelumnya.

Operator Kapal yang Mendominasi Pelayanan Penumpang

PT.Dharma Lautan Utama mendominasi kinerja operator kapal dalam melayani penumpang naik dan turun pada angkutan laut dengan persentase sebesar 49,20%. Jumlah pelayanan penumpang yang dilakukan oleh PT.Dharma Lautan Utama mencapai 114.259 orang. Sementara itu, PT.Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) juga berkontribusi sebesar 35,61% dengan jumlah pelayanan penumpang sebanyak 82.684 orang.

Truk dan Roda-4 Mendominasi Penggunaan Jasa Angkutan Laut

Data kendaraan yang menggunakan jasa angkutan laut dari H-15 sampai dengan H+15 menunjukkan bahwa truk mendominasi dengan persentase 43% dan jumlah 14.286 unit. Sementara itu, kendaraan roda-4 juga cukup tinggi dengan persentase 36% dan jumlah 11.780 unit.

Tujuan Penumpang Naik dan Turun

General Manager Kalimas, Terminal Penumpang dan Ro-Ro Pelindo Sub Regional Jawa, Dhany Rachmad Agustian, menyampaikan bahwa peningkatan jumlah penumpang naik pada tahun ini didominasi oleh tujuan Pelabuhan Banjarmasin. Sementara itu, penumpang turun didominasi oleh penumpang yang berasal dari Pelabuhan Makasar.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Penyebab Peningkatan Jumlah Penumpang

Dhany juga mengatakan bahwa peningkatan jumlah penumpang ini dipicu oleh penambahan masa libur Lebaran oleh pemerintah. Selain itu, angkutan kapal laut dinilai sebagai sarana transportasi yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Antisipasi untuk Menjamin Kenyamanan dan Keselamatan Penumpang

Pelindo Sub Regional Jawa telah melakukan berbagai antisipasi untuk menjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang. Mereka berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan KSOP setempat untuk menyiapkan Posko Lebaran di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN).

Kualitas Layanan Tetap Terjaga

Meskipun jumlah penumpang meningkat, Pelindo Sub Regional Jawa tetap menjaga kualitas layanan mereka. Hal ini bertujuan untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan para pemudik jalur laut pada momen arus mudik 2024.

Fasilitas yang Tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Tanjung Perak telah menyediakan berbagai fasilitas untuk mengantisipasi kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024. Fasilitas tersebut meliputi petugas pelayanan dan keamanan dengan pola 24/7, fasilitas terminal, area parkir kendaraan, tenda tempat istirahat, ruang tunggu penumpang, mushola, toilet, ruang laktasi, dan lainnya.

Koordinasi dengan Stakeholder Terkait

Pelabuhan Tanjung Perak juga meningkatkan koordinasi dengan stakeholder terkait keamanan dan peningkatan informasi terkait jadwal kapal kepada calon penumpang. Hal ini didukung oleh Posko Bersama Pemantauan Angkutan Lebaran Tahun 2024 yang siap melayani dari tanggal 25 Maret 2024 hingga 26 April 2024.

Penutupan Posko Lebaran

Pada Jumat (26/4/24), posko Lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak resmi ditutup. Namun, tahun ini tidak ada apel penutupan Posko seperti tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
8 Comments

8 Comments

  1. kucing slacker

    May 3, 2024 at 9:06 am

    Layanan angkutan laut melalui Tanjung Perak mengalami peningkatan 12% pada jumlah penumpang. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan peningkatan jumlah penumpang ini?

  2. kue palomino

    May 4, 2024 at 9:30 pm

    Layanan angkutan laut melalui Tanjung Perak mengalami peningkatan 12% pada jumlah penumpang. Apakah ada rencana untuk meningkatkan fasilitas dan layanan di pelabuhan ini?

  3. TeederSmartie

    May 12, 2024 at 3:20 pm

    Layanan angkutan laut melalui Tanjung Perak mengalami peningkatan 12% pada jumlah penumpang. Apakah peningkatan ini dipicu oleh penambahan masa libur Lebaran oleh pemerintah?

  4. Stik Alias

    June 11, 2024 at 6:16 am

    Wah, peningkatan jumlah penumpang angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selama Lebaran tahun ini mencapai 12%! Mantap nih! Apa yang menyebabkan peningkatan ini?

  5. Pembunuh Sakelar

    July 4, 2024 at 12:54 am

    Naik 12%: Jumlah penumpang angkutan laut melalui Tanjung Perak meningkat menjadi 254.247 orang. Apakah ada antisipasi lain yang dilakukan untuk mengatasi lonjakan penumpang?

  6. Pembunuh Merlot

    July 7, 2024 at 12:47 am

    Peningkatan jumlah penumpang angkutan laut melalui Tanjung Perak Surabaya sebesar 12% menunjukkan popularitas transportasi ini. Apakah pemerintah akan terus meningkatkan layanan angkutan laut di pelabuhan ini?

  7. tinggi woo

    July 21, 2024 at 5:33 am

    Penumpang yang menggunakan layanan angkutan laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengalami peningkatan sebesar 12% dibanding tahun sebelumnya. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan peningkatan jumlah penumpang ini?

  8. sprkr

    August 4, 2024 at 6:52 pm

    Peningkatan jumlah penumpang angkutan laut melalui Tanjung Perak Surabaya mencapai 12% dibanding tahun sebelumnya. Apa faktor yang menyebabkan peningkatan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *