Connect with us

News

Kinerja Logistik Indonesia, Sekarang Lebih Baik & Siap Bersaing di Asia Pasifik

Published

on

a yellow truck driving down a street next to a yellow truck

Mewujudkan Efisiensi Logistik Nasional: Diskusi IPEC

Persepsi Baru terhadap Kinerja Logistik Nasional

Pada diskusi yang diadakan oleh Indonesia Port Editors’ Club (IPEC) dengan tema ‘Mewujudkan Efisiensi Logistik Nasional’ di Jakarta pada tanggal 2 Juli 2024, para narasumber menyatakan bahwa kinerja logistik nasional saat ini telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Optimisme Investasi Masuk ke Indonesia

Ketua FIATA regional Asia Pasifik, Yukki Nugrahawan Hanafi, menyatakan bahwa jika kita mempersepsikan kinerja logistik nasional dengan baik, maka ia optimis bahwa investasi yang masuk ke Indonesia akan semakin meningkat dalam dua bulan ke depan.

Narasumber Diskusi

  • Yukki Nugrahawan Hanafi (Ketua FIATA regional Asia Pasifik)
  • Asmari Heri (Praktisi Shipping)
  • Akbar Djohan (Ketua Umum DPP ALFI)
  • Dirut SPSL Joko Nuhuda
  • Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Tata Djuarsa
  • Sekjen DPP APBMI AJD Korompis

Tujuan Diskusi

Diskusi yang diadakan oleh IPEC bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala dalam kelancaran arus barang dan mencari solusi yang interaktif untuk mencapai layanan logistik yang efektif dan efisien.

Kolaborasi antara Pemerintah dan Swasta

Dalam sambutannya, Kasubdit Pelayanan Jasa dan Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, I Komang Wisnu Dananjaya, menyatakan bahwa efisiensi logistik transportasi selalu menjadi perhatian utama bagi pelaku usaha logistik. Oleh karena itu, pelaku usaha membutuhkan interaksi yang sederhana dan integrasi antara pemerintah dan swasta.

National Logistik Ecosystem (NLE)

Komang menjelaskan bahwa semangat efisiensi dan efektivitas dalam logistik sejalan dengan kebijakan pemerintah yang akan mengatur strategi efisiensi melalui National Logistik Ecosystem (NLE). Melalui NLE, diharapkan dapat menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional serta mempermudah proses perizinan dan penyelesaian dokumen pengiriman.

Peran Ditjen Hubla Kemenhub

Ditjen Hubla Kemenhub terus mengikuti perkembangan zaman melalui digitalisasi, salah satunya dengan proses pelayanan kapal dan barang melalui sistem inaportnet. Selain itu, Lembaga National Single Window juga telah mengembangkan sistem aplikasi terkolaborasi yang disebut Sistem Single Submission Pengangkut (SSm Pengangkut) untuk memudahkan akses layanan logistik di pelabuhan.

Kolaborasi antar Stakeholders

Yukki menilai bahwa untuk meningkatkan Logistics Performance Index (LPI) Indonesia, diperlukan kolaborasi antara para stakeholders, penguatan konektivitas dan transportasi, serta pengembangan infrastruktur, teknologi, dan informasi yang berkaitan dengan kinerja logistik.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Perlunya Lembaga Khusus untuk Logistik

Akbar Djohan berpendapat bahwa perlu adanya lembaga atau mungkin Kementerian yang khusus menangani isu-isu logistik. Hal ini bertujuan untuk memperkuat pengelolaan logistik nasional.

Logistik Nasional Lebih Baik dari Negara Lain

Asmari Heri menyatakan bahwa saat terjadi kongesti di pelabuhan-pelabuhan di luar negeri selama pandemi COVID-19, pelabuhan di Indonesia tidak pernah mengalami kongesti. Oleh karena itu, Indonesia perlu menyuarakan bahwa logistik nasionalnya sudah lebih baik daripada negara-negara lain di dunia.

Penataan Kargo untuk Efisiensi Logistik Nasional

Dirut sub holding pelindo solusi logistik (SPSL), Joko Nuhuda, menyatakan bahwa penataan kargo di pelabuhan sesuai dengan spesifikasinya akan membantu mewujudkan efisiensi logistik nasional.

Suara Persepsi Layanan Logistik yang Efisien

Tata Djuarsa, Wakil Ketua Umum Aptrindo, berharap bahwa persepsi tentang layanan logistik yang efisien terus disuarakan secara berkesinambungan.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
7 Comments

7 Comments

  1. penakluk jurang

    July 12, 2024 at 8:42 am

    Kinerja logistik Indonesia semakin baik dan siap bersaing di Asia Pasifik. Diskusi IPEC bertujuan untuk mencari solusi dalam mencapai layanan logistik yang efektif dan efisien. Kolaborasi antara pemerintah dan swasta serta penataan kargo di pelabuhan merupakan faktor penting untuk mencapai efisiensi logistik nasional.

  2. Magenta Kelelawar

    July 12, 2024 at 8:53 am

    Kinerja logistik Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga optimisme investasi yang masuk ke Indonesia akan semakin meningkat. Diskusi yang diadakan oleh IPEC bertujuan untuk mencari solusi yang interaktif dalam mencapai layanan logistik yang efektif dan efisien. Kolaborasi antara pemerintah dan swasta, serta peran Ditjen Hubla Kemenhub juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja logistik. Perlu adanya lembaga khusus yang menangani isu-isu logistik untuk memperkuat pengelolaan logistik nasional. Logistik nasional Indonesia juga dinilai lebih baik daripada negara-negara lain di dunia. Penataan kargo di pelabuhan sesuai dengan spesifikasinya juga akan membantu mewujudkan efisiensi logistik nasional.

  3. kentaur mustard

    July 12, 2024 at 10:01 am

    Kinerja logistik Indonesia semakin baik dan siap bersaing di Asia Pasifik. Diskusi IPEC membahas pentingnya efisiensi logistik nasional dan optimisme investasi masuk ke Indonesia. Para narasumber dari berbagai kalangan menyampaikan pandangan mereka tentang kolaborasi antara pemerintah dan swasta, peran Ditjen Hubla Kemenhub, serta perlunya lembaga khusus untuk logistik. Ada juga penekanan pada penataan kargo dan suara persepsi tentang layanan logistik yang efisien.

  4. Stik Alias

    July 12, 2024 at 11:21 am

    Kinerja logistik Indonesia semakin baik dan siap bersaing di Asia Pasifik. Diskusi IPEC membahas efisiensi logistik nasional dan optimisme investasi masuk ke Indonesia. Komang Wisnu Dananjaya menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam mencapai layanan logistik yang efektif. Perlunya lembaga khusus untuk menangani isu-isu logistik juga menjadi perhatian. Indonesia perlu menyuarakan bahwa logistik nasionalnya lebih baik daripada negara-negara lain di dunia. Penataan kargo di pelabuhan juga akan membantu mewujudkan efisiensi logistik nasional.

  5. Pemberontak Kardinal

    July 13, 2024 at 12:58 am

    Kinerja logistik Indonesia mengalami peningkatan signifikan dan siap bersaing di Asia Pasifik. Pertanyaannya, apakah kolaborasi antara pemerintah dan swasta sudah cukup untuk mencapai efisiensi logistik yang diinginkan?

  6. Hannibal Anjing

    July 13, 2024 at 12:59 am

    Kinerja logistik Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dan siap bersaing di Asia Pasifik. Apakah investasi yang masuk ke Indonesia akan semakin meningkat dalam waktu dekat?

  7. Merpati Putri

    July 15, 2024 at 10:46 am

    Kinerja logistik Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dan siap bersaing di Asia Pasifik. Apakah kolaborasi antara pemerintah dan swasta sudah cukup untuk mencapai efisiensi logistik yang diinginkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *