Connect with us

News

Ini Asa Importir di Pelabuhan Belawan, Terkait Tinggalnya Port & Cargo

Published

on

Ini Asa Importir di Pelabuhan Belawan, Terkait Tinggalnya Port & Cargo

Peningkatan Infrastruktur Pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara

Kendati pelayanan arus barang di pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara (Sumut) secara umum kian baik, namun infrastruktur laut dan daratnya masih perlu terus dibenahi.

Akses Jalur Distribusi ke Pelabuhan

Terutama soal akses jalur distribusi ke pelabuhan (disisi darat-nya) yang kerap rusak akibat air rob, serta soal kedalaman alur dan kolam pelabuhan yang perlu diperdalam lagi. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Dianto saat ditemui Logistiknews, di Medan Sumut pada Jumat (5/7/2024).

Peralatan Bongkar Muat di Pelabuhan Belawan

Sedangkan yang terkait dengan peralatan bongkar muat di pelabuhan Belawan, Dianto menilai peralatan yang eksisting saat ini sudah cukup.

Kalau dulu sering kita dengar alat yang alami rusak, namun sekarang hal itu tidak terjadi lagi. Sekarang sudah lebih profesional pengelolaan peralatan bongkar muat di pelabuhan Belawan, ungkapnya.

Transformasi Pelabuhan Belawan

Transformasi pelabuhan Belawan dalam layanan kepada pengguna jasa, imbuhnya, telah berimbas pada percepatan arus barang dan logistik di pelabuhan tersebut.

Kita ingin cargo stay dan port stay lebih cepat. Kita inginnya barang dan kapal cepat masuk dan cepat keluar, ujarnya.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Dianto berharap pelabuhan Belawan menjadi pelabuhan pilihan yang lebih nyaman bagi pengguna jasanya.

Termasuk soal layanan peti kemas di BNCT. Program digitalisasi yang saat ini dilakukan juga berdampak pada percepatan arus barang, ungkapnya.

Jumlah Peti Kemas dan Kunjungan Kapal di BNCT

Selama Januari hingga Juni 2014, BNCT telah menghandle peti kemas sebanyak 83.801 twenty foot equivalent units (Teus).

  • Pada Januari sebanyak 14.511 Teus atau setara 11.250 bok
  • Februari 16.244 Teus (12.911 bok)
  • Maret 12.795 Teus (10.192 bok)
  • April 8.577 Teus (6.727 bok)
  • Mei 14.883 Teus (11.053 bok)
  • Juni 16.071 Teus atau setara 11.831 bok

Adapun arus kunjungan kapal yang telah terlayani selama semester I/2024 mencapai 101 kapal dengan rincian:

  • Januari 18 kapal
  • Februari 19 kapal
  • Maret 17 kapal
  • April 12 kapal
  • Mei 19 kapal
  • Juni 16 kapal

Stabilitas BCH dan BSH di BNCT

Adapun rata-rata BCH maupun BSH di BNCT selama 6 bulan pertama tahun ini relatif stabil.

BSH adalah box ship per hour, yaitu jumlah peti kemas yang dapat dibongkar/muat oleh satu crane atau lebih pada sebuah kapal. Semakin tinggi angka BSH, semakin tinggi kualitas operasional bongkar muat, dan semakin cepat kapal dapat dilayani.

Sedangkan BCH adalah box crane per hour yakni banyaknya box peti kemas yang dihandle oleh satu crane dalam waktu satu jam. Indikator ini lebih ditujukan untuk kepentingan pihak internal terminal.

Pada Januari 2024, BCH di BNCT yakni 23,57, kemudian pada Februari 23,16, Maret 22,23, April 21,96, Mei 23,14, dan pada Juni 23,24.

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik

Untuk BSH nya, pada Januari tercatat 51,42, kemudian pada Februari 49,79, Maret 49,57, April 44,34, Mei 44,64 dan Juni 49,17.

Erika V. adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam logistik. Saat ini, ia menjabat sebagai Staff Manajemen Pengiriman di PT. Global Jet Express (J&T Express) di Indonesia. Erika memiliki latar belakang dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari President University. Dengan komitmen yang kuat untuk pertumbuhan pribadi dan pengembangan profesional, Erika termotivasi untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi sambil terus meningkatkan keterampilannya.

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Felix Tua

    July 22, 2024 at 5:37 pm

    Pelabuhan Belawan di Medan, Sumatera Utara mengalami peningkatan infrastruktur yang masih perlu diperbaiki, terutama akses jalur distribusi ke pelabuhan yang sering rusak akibat air rob. Namun, peralatan bongkar muat di pelabuhan sudah cukup baik dan pengelolaannya lebih profesional. Transformasi pelabuhan ini telah mempercepat arus barang dan logistik, dengan harapan menjadi pelabuhan pilihan yang lebih nyaman. Selama Januari hingga Juni 2024, BNCT telah menghandle sebanyak 83.801 peti kemas dan melayani 101 kunjungan kapal. Stabilitas BCH dan BSH di BNCT juga relatif stabil selama 6 bulan pertama tahun ini.

  2. Raja Ikan Bass

    July 25, 2024 at 12:48 am

    Peningkatan infrastruktur pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara masih perlu terus dilakukan. Akses jalur distribusi ke pelabuhan dan kedalaman alur dan kolam pelabuhan perlu diperbaiki. Pertanyaannya, apakah ada rencana untuk memperbaiki infrastruktur tersebut?

  3. kabut napoleonik

    August 6, 2024 at 5:21 pm

    Peningkatan infrastruktur pelabuhan Belawan di Medan, Sumatera Utara masih perlu terus dibenahi. Akses jalur distribusi ke pelabuhan dan kedalaman alur dan kolam pelabuhan perlu diperdalam lagi. Apakah pemerintah sudah memiliki rencana untuk memperbaiki infrastruktur tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *