Connect with us

News

Adi Sugiri: Kami Tingkatkan Koordinasi, Untuk Mengatasi Kemacetan Truk di Pelabuhan

Published

on

Adi Sugiri: Kami Tingkatkan Koordinasi, Untuk Mengatasi Kemacetan Truk di Pelabuhan

Eksekutif Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Terus Berkoordinasi dengan KSOP dan Instansi Terkait untuk Mengurai Kepadatan Trafik di Pelabuhan

Eksekutif General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Adi Sugiri, mengemukakan bahwa pihaknya terus melakukan berkordinasi dengan Kantor Shahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Priok, serta instansi terkait guna membantu mengurai kepadatan trafik di sekitar pelabuhan Tanjung Priok.

Monitoring dan Tindakan untuk Mengurai Kepadatan

Adi Sugiri turut mendampingi Kepala KSOP Tanjung Priok, Takwin Masuku, guna melakukan monitoring langsung dan mengambil tindakan agar antrean truk bisa terurai dan kondisi di pelabuhan normal kembali. Beberapa langkah yang diambil untuk mengurai kepadatan antara lain:

  • Truk-truk yang berada di dalam pelabuhan diminta untuk masuk ke buffer area yang ada di pelabuhan untuk sementara, tanpa dipungut biaya.

Penyebab Kepadatan

Informasi yang diterima menyebutkan bahwa kegiatan keluar masuk kontainer ekspor maupun impor dari semalam sampai pagi ini mencapai sekitar empat ribuan boks. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh adanya long weekend pada pekan lalu sehingga receiving dan delivery (R/D) kontainer dilakukan secara bersamaan saat ini.

Penjelasan dari Kepala KSOP Tanjung Priok

Kepala KSOP Tanjung Priok, M Takwin Masuku, memastikan bahwa secara sistem dan operasional di semua terminal yang ada di pelabuhan Tanjung Priok tidak ada masalah. Kepadatan yang terjadi disebabkan oleh tingginya arus barang atau receiving dan delivery (R/D) kontainer.

Harapan untuk Mengatasi Kepadatan

Takwin berharap dalam beberapa jam ke depan, kepadatan yang terjadi di pelabuhan Tanjung Priok bisa selesai, dan kondisi kembali normal. Pihak terkait akan terus melakukan monitoring hingga situasi dan kondisi normal kembali.

Panggilan untuk Mencari Solusi

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Gemilang Tarigan, meminta Pelindo di Tanjung Priok maupun KSOP Tanjung Priok bersama para Pengelola Terminal Peti Kemas di pelabuhan itu, bisa duduk bersama stakeholders guna mencari penyebab dan solusi mengatasi kemacetan yang terjadi dalam dua hari terakhir ini.

Kondisi Fasilitas Terminal Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Priok

Saat ini, terdapat 5 fasilitas terminal peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok yang beroperasi, yaitu:

Advertisement
penghargaan penyedia logistik oleh Detik Logistik
  • Jakarta International Container Terminal (JICT)
  • Terminal Peti Kemas Koja
  • New Priok Container Terminal One (NPCT-1)
  • Terminal 3 Priok- IPC TPK
  • Terminal Mustika Alam Lestari (MAL)

Koordinasi untuk Meningkatkan Kelancaran Keluar Masuk Kontainer

Direktur Utama PT JICT, Ade Hartono, mengakui adanya peningkatan arus trafik di luar pelabuhan Tanjung Priok, namun tidak ada masalah sistem atau kendala operasional di terminalnya. Manajemen JICT sedang melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kelancaran keluar masuknya kontainer supaya trafik di luar pelabuhan tersebut bisa segera terurai.

Satria Susanto adalah seorang profesional berpengalaman di bidang logistik, saat ini menjabat sebagai Logistics Operations Manager di PT. Wahana Prestasi Logistik. Dengan latar belakang pendidikan Gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Satria telah menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi logistik. Sebelum bergabung dengan PT. Wahana Prestasi Logistik pada Agustus 2017, Satria telah menempati posisi serupa sebagai Operations Manager di Lion Parcel selama lebih dari empat tahun. Pengalamannya yang luas selama hampir satu dekade dalam industri logistik telah membentuknya menjadi seorang ahli dalam mengatur, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi operasional yang efisien. Keterampilan Satria dalam mengelola operasi logistik tidak hanya terbatas pada pengetahuan teknis, tetapi juga mencakup kemampuan komunikasi dan koordinasi yang efektif, sangat penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan. Berbasis di Jakarta, Indonesia, Satria telah berhasil memimpin timnya untuk mencapai berbagai target operasional, membuktikan kemampuannya sebagai seorang pemimpin yang efektif dan inovatif dalam industri logistik.

Continue Reading
6 Comments

6 Comments

  1. Sapiens

    May 17, 2024 at 10:46 am

    Adi Sugiri, Eksekutif General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, mengungkapkan bahwa mereka terus berkoordinasi dengan KSOP dan instansi terkait untuk mengatasi kemacetan truk di pelabuhan. Hal ini dilakukan dengan melakukan monitoring dan mengambil tindakan, seperti meminta truk-truk masuk ke buffer area di pelabuhan. Kepala KSOP Tanjung Priok juga menjelaskan bahwa kepadatan terjadi karena tingginya arus barang. Ketua Umum Aptrindo juga meminta para pihak terkait mencari solusi bersama. Terdapat 5 fasilitas terminal peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok yang beroperasi saat ini. Direktur Utama PT JICT juga sedang melakukan koordinasi untuk meningkatkan kelancaran keluar masuk kontainer.

  2. Sekrup

    May 18, 2024 at 3:11 am

    Koordinasi yang terus dilakukan oleh Eksekutif Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dengan KSOP dan instansi terkait untuk mengatasi kemacetan truk di pelabuhan merupakan langkah yang positif. Bagaimana upaya lain yang dilakukan untuk mengurai kepadatan tersebut?

  3. pyscho hun

    May 18, 2024 at 11:11 pm

    Koordinasi antara Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, KSOP, dan instansi terkait terus dilakukan untuk mengatasi kemacetan truk di pelabuhan. Truk-truk diminta masuk ke buffer area tanpa biaya untuk sementara. Apa langkah lain yang akan diambil untuk mengurai kepadatan?

  4. cosplatoon

    May 18, 2024 at 11:11 pm

    Adi Sugiri, General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, mengatakan bahwa mereka terus berkoordinasi dengan KSOP dan instansi terkait untuk mengatasi kemacetan truk di pelabuhan.

  5. Orang Swedia Mengaum

    July 6, 2024 at 6:12 pm

    Adi Sugiri, Eksekutif General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, menjelaskan bahwa mereka terus berkoordinasi dengan KSOP dan instansi terkait untuk mengatasi kemacetan truk di pelabuhan. Mereka telah mengambil langkah-langkah seperti meminta truk-truk masuk ke buffer area tanpa biaya. Kepala KSOP Tanjung Priok juga menjelaskan bahwa kepadatan terjadi karena tingginya arus barang. Ketua Umum Aptrindo meminta pihak terkait mencari solusi bersama stakeholders. Ada 5 fasilitas terminal peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok dan manajemen JICT sedang berkoordinasi untuk meningkatkan kelancaran keluar masuk kontainer.

  6. Mary Merah Scarlet

    July 11, 2024 at 12:09 pm

    Eksekutif Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Adi Sugiri, mengatakan bahwa mereka terus berkoordinasi dengan KSOP dan instansi terkait untuk mengatasi kemacetan truk di pelabuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *